SEJARAH SQL (Structure Query Language)


SQL pertama kali dikenalkan oleh labotarium IBM di San Jose dan pertama  dikembangkan akhir tahun 70-an pertama kalinya SQL dikembangkan untuk produk-produk IBM–DB 2 dan RDMS  (Relational Database Management System), yang kemudian pada akhir akhir ini dapat bekerja untuk berbagai macam platform.

SQL adalah bahasa non-prosedural yang bertentangan dengan bahasa prosedural ke tiga seperti COBOL dan C. Perbedaan bahasa prosedural dengan non-prosedural adalah pada pandangannya, pada bahasa prosedural pembuatan perintah program didasarkan pada “how” yaitu bagaimana suatu hasil dapat diperoleh. Sedangkan pada bahasa non–prosedural didasarkan pada “what” yaitu apa yang akan ditampilkan. Karekfenistik dari RDBMS adalah bahasa database yang didasarkan pada himpunan (set). Sehingga SQL dapat diartikan sebagai proses himpunan data dalam kelompok-kelompok tertentu.

Ada dua perusahaan terkenal, ANSI (The American National Standards Institute) dan ISO (The International Standards Organization), mempromosikan SQL standard untuk Industri. Standard ANSI-92 merupakan standard SQL yang banyak dikenal dan dikembangkan.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: