Memory

Memori adalah pusat kegiatan pada komputer karena setiap proses yang akan dijalankan harusmelalui memori terlebih dahulu. CPU mengambil instruksi dari memori sesuai dengan yang ada pada program counter. Alamat-alamat yang dihasilkan oleh CPU merupakan alamat virtual (logic),alamat-alamat ini akan dipetakan ke alamat-alamat fisik (alamat-alamat memori yang sebenarnya). Pemetaan ini dapat dilakukan pada saat kompilasi, saat pemuatan (loading) atau saat eksekusi. Adakalanya ukuran program yang akan dieksekusi melebihi ukuran memori, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan dynamic loading dan overlays. Overlays memungkinkan suatu program yang mempunyai ukuran yang besar dapat dieksekusi oleh memori dengan kapasitas yang lebih kecil. Penggunaan overlays ini dikarenakan pada masa lalu memori yang ada sangatlah kecil, sehingga banyak program yang kapasitasnya jauh lebih besar daripada memori yang tersedia. Tetapi dewasa ini overlays sudah tidak digunakan lagi karena sudah ada virtual memori yang memungkinkan memori dapat mengeksekusi program manapun.

Satu Balasan ke Memory

  1. Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
    Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
    Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
    Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: