Anycast Address

Pada IPv6, Anycast Address adalah fasilitas tambahan baru yang tidak terdapat pada IPv4. Pada address jenis ini, sebuah address diberikan pada beberapa host, untuk mendefinisikan kumpulan node. Jika ada paket yang dikirim ke address ini, maka router akan mengirim paket tersebut ke
host terdekat yang memiliki Anycast Address sama. Dengan kata lain, pemilik paket menyerahkan pada router tujuan yang paling “cocok” bagi pengiriman paket tersebut.Anycast Address umumnya digunakan pada beberapa server yang memberikan layanan seperti DNS (Domain Name Server).
Dengan memberikan Anycast Address yang sama pada server-server tersebut, maka jika ada paket yang dikirim oleh client ke address ini, maka router akan memilih server terdekat dan mengirimkan paket itu ke server yang dimaksud sehingga beban terhadap server dapat terdistribusi secara merata. Pada Anycast Address ini tidak tersedia ruang khusus. Bila beberapa host diberikan sebuah address yang sama, maka address tersebut dianggap sebagai Anycast Address.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: