Sejarah Komputer

 Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute), karena pada awalnya komputer pertama yang dirancang digunakan untuk keperluan perhitungan. Inspirasinya diambil dari komputer tertua bernama “Abaccus” (300 SM) atau lebih dikenal dengan sipoa yang berasal dari negeri Cina.

 Konsep komputer yang pertama kali dirancang oleh Howard G. Aitken, seorang doktor di Havard University (1937), bekerja sama dengan IBM (International Business Machine Corp.) yang berhasil membuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektromekanik yang diberi nama Havard Mark-1. Komputer genrasi pertama ini berat totalnya 5 ton dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.

  ENIAC

 

 pada tahun 1942 (dengan sistem binary digit (bit) 8 bit dan memori) pernah diakui sebagai komputer pertama. Belakangan diketahui juga bahwa sebelumnya pada tahun 1941 Konrad Zuse dari Jerman, sudah membuat mesin yang dapat diprogram dan bekerja dengan sistem biner. Namun karena jerman kala itu masih terisolasi saat perang dunia ke-II, maka ENIAC tetap diakui sebagai komputer pertama yang memakai prinsip digital dengan sistem memori dan binari digit (8 bit).Altair 8800 merupakan komputer pribadi (PC) pertama yang dikembangkan oleh Ed Robert, diluncurkan melalui promo majalah Popular Electronics di bulan Januari 1975.

Altair 8800 sebetulnya lebih merupakan sebuah kit yang dirakit menjadi “komputer”. Pada saat itu yang namanya komputer adalah mainframe yang ukurannya raksasa dan harganya jutaan dolar, sehingga kit buatan MITS (Microinstrumentation & Telemetry System, Albuquerque, New Mexico USA) yang dijual seharga sekitar US$400 mendapat penggemar yang cukup banyak.

Padahal “komputer” ini tidak memiliki keyboard, screen, ataupun printer. Yang ada kala itu adalah switch yang dapat digunakan untuk memasukkan bilangan biner dan LED yang menyala untuk menunjukkan outputnya.

Kit Altair 8800 ini kemudian menjadi lebih populer ketika William Gates (Bill Gates Lahir di Seattle 28 Oktober 1955), mengembangkan bahasa BASIC untuk komputer Altair. Banyak Orang pada awalnya menyangsikan bahwa bahasa BASIC tidak akan mampu dimasukkan ke dalam komputer ini. Namun ternyata Bill Gates membuktikan bahwa hal itu bisa, setelah penciptaan monitor dan keyboard tentunya. Bill Gates adalah chairman dan Chief Executife Officer (CEO) dari Microsoft Corporation, yang didirikannya di tahun 1975. Kini dengan pengetahuan dan pengalamannya, dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: