Arsitektur Sistem operasi UNIX

Operating system dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak (software) yang mengendalikan sumber daya perangkat keras (hardware) dan menyediakan tempat dimana program aplikasi dapat dijalankan. Secara umum, kita menyebut software tersebut (operating system) sebagai kernel (inti). Gambar di bawah ini memperlihatkan diagram dari system  arsitektur UNIX.  

 Alat yang menghubungkan (interface) ke kernel, kita sebut dengan system call, library yang berfungsi secara umum dibangun di atas interface system call. Tetapi program aplikasi bebas menggunakan keduanya (system call dan kernel). Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain.

 

Didalam pengertian yang lebih luas, operating system adalah kernel itu sendiri dan semua sofftware yang lain digunakan sesuai kepentingan user (pengguna komputer). Software tersebut antara lain : sistem utiliti, applikasi, shell, library yang berfungsi secara umum, dan seterusnya.

 

Sebagai contoh, linux adalah kernel yang digunakan oleh sistem operasi di bawah lisensi GNU. Beberapa orang mereferensikan sistem operasi ini dengan GNU/Linux operating system, tetapi yang lainnya hanya menyebut linux saja. Walaupun hal itu dapat dikatakan tidak benar, tetapi dapat dimengerti, hanya karena berbeda dua ungkapan, tetapi maksudnya sama.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: