Server Side Programming

Pada server-side programming, perintah-perintah program (script) dijalankan di web server, kemudian hasilnya dikirim ke browser dengan format HTML. Program web yang tergolong dalam server-side programming adalah CGI/Perl, ASP (Active Server Page), PHP, CFM (Coldfussion), JSP (Java Script Page) dan lainnya.

 

Teknologi-teknologi server-side programming memang mempunyai kelemahan dan kelebihan, namun semua dari program server-side programming mempunyai persamaan yaitu kontrol. Artinya hanya server yang dikontrol oleh pengembang web tentang bagaimana program pada sisi server seharusnya berjalan. Yang paling penting dan perlu dipertimbangkan dalam server-side programming ini adalah isu tentang kecepatan dalam melayani banyak user. Sebagai contoh, form login yang biasanya ditampilkan untuk validasi user. Validasi akan dikirimkan ke server dan kemudian dicocokkan dengan basisdata di server, kemudian server akan mengirim balik informasi tersebut apakah valid atau tidak

 

Dalam pemrograman berbasis web ini, didalamnya adalah berupa script-script, baik pemrograman client maupun pemrograman server, dengan dalam bentuk script ini lebih mendekati atau dapat dikatakan pemrograman yang berasosiasi dengan halaman web. Server-side scripting yang banyak dalam pemrograman web adalah PHP, ASP dari Microsoft, JSP dari SUN, Coldfusion dan lainnya.

About these ads

5 Balasan ke Server Side Programming

  1. mbekz mengatakan:

    makasih mas postinganya.. nunut ngopy ya….

  2. try to be a hacker mengatakan:

    thanks postingan nya ikut nyedot ya gann..

  3. hendrik mengatakan:

    thanks ya

  4. [...] sumber2, sumber3, sumber4, sumber5 Posted in [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: